Kamis, 02 Desember 2010

Plampitan




Kartupos diterbitkan oleh H. van Ingen dari Soerabaja ini memperlihatkan panorama Sungai Kalimas sepanjang Jalan Plampitan (kini Jl Achmad Jais). Plampitan adalah kampung di kota Surabaya. Kata pelampitan berarti perajin lampit (tiar rotan). Dahulu kampung ini punya industri rumah tangga pelampitan. Jalan Plampitan sebelah kanan melewati Jalan Makam Peneleh dan Jembatan Peneleh. Foto mengarah ke utara.

Kalimas dilintasi perahu gaya gondola Venesia. Di latar belakang terlihat gedung ANIEM (kini PLN) yang dibangun pada tahun 1930. Di sebelah kanan dari kantor ANIEM terlihat pom bensin BMP yang terletak di ujung utara Jl Gemblongan. Di belakang itu terlihat kompleks pertokoan/perkantoran dengan 4 menara putih (hanya 2 menara terlihat) yang dibangun pada tahun 1920. Di sebelah kanan dari kompleks tersebut terlihat gedung putih bergaya Art Deco yang simetris yaitu gedung Singer yang terletak di Alun-alun Contong.

Sekarang gedung PLN masih ada disini tetapi bagian atas sudah sedikit direnovasi. Di sebelah utara dari kantor PLN dibangun sebuah mesjid berwarna biru. Bekas lokasi pom bensin menjadi tempat parkir. Dan perahu gondola sudah pulang ke Venesia.
( dari http://djawatempodoeloe.multiply.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar